Microsoft Rilis Platform Blogging Open Source

Microsoft Rilis Open Source??
wah kabar yg bagus nich buat kita yg suka menggunakan OS berbasis Windows dari Microsoft..
nah artikel ini sya sadur dari http://udaramaya.com
karena disana banyak bgt berita2 ttg IT.
nich dia artikelnya :
Microsoft telah merilis produk content management system (CMS) bernama Oxite dengan lisensi open source (atau tepatnya Microsoft Public License). Walaupun dari deskripsi Oxite Microsoft tampak lebih memasarkan Oxite sebagai blogging platform, tim pengembang Oxite juga mengatakan bahwa pengguna dapat menggunakan produk tersebut sebagai sebuah CMS untuk membuat hampir semua jenis situs. Situs Mix Online milik Microsoft sendiri dibuat berdasarkan Oxite yang mendaur ulang berbagai komponen dari Channel 9.

Beberapa fitur utama yang didukung Oxite termasuk Gravatar, pingback, trackback, RSS, sistem komentar dan MetaWebLog API yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mempublikasikan artikel langsung dari aplikasi blogging favorit pengguna.

Yang menjadi hambatan terbesar bagi sebagian besar calon pemakai adalah fakta bahwa Oxite dibuat dalam ASP.NET, bahasa pemrograman web proprietary milik Microsoft dan tidak banyak penyedia hosting yang mendukung aplikasi ini.

Tetapi bagi pengembang yang terbiasa menggunakan ASP.NET sebagai bahasa pemrograman utama tentunya akan senang karena mendapatkan sebuah implementasi MVC baru untuk ASP.NET. Dalam beberapa tahun ini paradigma pemrograman model view controller (MVC) yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi web dengan efisien menjadi sensasi dalam dunia pemrograman web. MVC dipelopori oleh Ruby on Rails dan pada akhirnya ditiru oleh berbagai bahasa pemrograman lain seperti CakePHP (PHP) dan Django (Python).

Karena sudah digunakan untuk memperkuat situs Mix Online milik Microsoft sendiri, tampaknya sudah tidak diragukan lagi bahwa Oxite cukup kaya fitur dan efisien. Tetapi masih belum jelas apakah Microsoft akan dapat bersaing dengan solusi open source penuh seperti Wordpress sebagai platform blogging terpopuler atau Joomla (CMS). (via RWW)

Microsoft tampaknya semakin aktif dalam merilis aplikasi open source, walaupun sebenarnya tujuan akhir mereka adalah menarik blogger dan pengembang web ke platform berbasis Microsoft. Sekitar setengah tahun lalu Microsoft menjadi sponsor platinum Apache Foundation untuk meningkatkan kompatibilitas Apache di Windows.

Related Posts by Categories



0 comments:

Posting Komentar

My Sponsor

Get 4Shared Premium! 100 Blog Indonesia Terbaik Adsense Indonesia
Join LiveConnector Chatting Image Hosted by ImageShack.us Image Hosted by ImageShack.us Indonesian Muslim Blogger